buy viagra overnight delivery

Sejarah Vihara

DSC01148 Sejarah Vihara

Tampilan depan Sheng Lun Tang (vihara Lama)

Sebelum menjadi Maha Vihara (雷藏寺/Lei Zang Si), Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mempunyai nama yaitu Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪堂 / Sheng Lun Tang), berlokasi di Jln. Sayangan Lrg. Himalaya/Rumah Kuning Lama No. 622 Rt. 09 Palembang, Sumatera Selatan – Indonesia. Di-inisiasi-kan pada tahun 1992 oleh Vajra Acharya (V.A.) dari Jakarta, Amerika, dan Taiwan yaitu V.A. Harsono (蓮真金剛上師/Lian Zhen Shang Shi/Ding Shang Shi), V.A. Chang Zhi (釋蓮花常智金剛上師 / Chang Zhi Shang Shi) dan V.A. Lian Shi (蓮詩金剛上師 / Yu Yan Shou Shang Shi).

Awalnya Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya terdiri dari dua tingkat. Tingkat kedua terdapat altar utama yang berada di dalam ruang Bhaktisala. Kapasitas ruangan Bhaktisala bisa menampung kurang lebih 50 orang umat. Kemudian di terasnya terdapat altar Dewa Langit (帝釋天殿 / Di Shi Tian Dian) dan Altar Leluhur (地藏殿 / Di Zang Dian). Sedangkan di lantai pertama terdapat altar Dewa Bhumi (土地公殿/Tu Di Gong Dian), altar Dewa Langit (帝釋天殿 / Di Shi Tian Dian), altar Dewi Yao Chi (瑤池金母殿 / Yao Chi Jin Mu Dian), kantor, dapur, toilet, Lemari kecil untuk perpustakaan dan lemari kecil untuk koperasi yang menjual pernak pernik Buddhist. Aktifitas tetap vihara adalah Puja Bakti setiap hari kamis, minggu, tanggal 1,15,18 imlek, dan hari ulang tahun Buddha serta Bodhisattva. Selain aktivitas tetap, vihara juga sering mengadakan aktivitas yang tidak menentu seperti menyelenggarakan Upacara Akbar (大法會/ Da Fa Hui), Pelepasan Satwa, Bakti Sosial, dll.

DSC01149 Sejarah Vihara

Vihara lama yg sekarang di jadikan office Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya

Seiring perkembangan aktivitas vihara yang semakin lama semakin besar, ditambah lagi jumlah umat yang meningkat pesat sehingga membutuhkan tempat yang semakin besar pula. Karena tempat yang terlalu sempit tidak dapat menampung lagi, membuat umat yang hadir mengikuti Puja Bakti menjadi sulit untuk duduk. Selain itu juga, setiap mengadakan Upacara Akbar, harus selalu dilakukan di luar vihara. Hal ini menjadi pertimbangan bagi pengurus Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya untuk mencari tempat yang luas, agar saat mengadakan upacara Akbar, tidak perlu lagi diadakan di luar. Maka dari itu pengurus Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya membeli sebidang tanah yang cukup luas yang terletak disamping Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya yang dibatasi oleh 2 buah rumah penduduk.

Tampilan depan VVBS resize Sejarah Vihara

Tampilan gedung VVBS yang baru

Berkat dukungan dari seluruh umat, pengurus dan berbagai pihak, maka pada tahun 2006 sebidang tanah tersebut selesai menjadi sebuah gedung yang terdiri dari 4 tingkat. Tempat tersebut diinisiasi-kan (開光 / Kai Guang) kembali sebagai tempat baru dengan nama Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya, dalam bahasa mandarin yaitu 聖輪雷藏寺. Proses Inisiasi ini dilakukan oleh V.A. Lian Zhi dari Kanada yang mewakili Organisasi True Buddha Foundation (TBF). Kemudian diresmikan dengan pengguntingan pita oleh Dirjen Bimas Buddha Departemen Agama Republik Indonesia dari Jakarta yaitu Bapak Drs. Budi Setiawan, M. Sc., Bapak Walikota Palembang, Departemen agama Provinsi Sumatra Selatan, Ketua DPP Majelis Agama Buddha Tantrayana Zhen Fo Zong Kasogatan Indonesia yaitu Ibu Winarni Harsono, Bapak Ketua Walubi Provinsi Sumatera Selatan Tingkat I yaitu Bapak Hermanto Wijaya dan para pejabat lainnya.

Bangunan Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya yang memiliki 4 tingkat tersebut dimana Lantai pertama terdapat cabang bursa penjualan pernak pernik Buddhist yang berpusat di Light Lotus Gallery (sebuah Gallery yang menjual pernak pernik, aksesoris, Buku Buddhist, CD,VCD, DVD, MP3, dll yang berhubungan dengan Bhuddist), dapur, ruang makan, tempat bimbingan belajar mandarin, toilet, tempat parkir, altar Dewa Bumi (土地公殿/Tu Di Gong Dian), altar Guan Yin (觀音殿/Guan Yin Dian), altar Brahma (四面佛殿/Si Mian Fo Dian), Pagoda Tatagatha Usnisha (尊勝塔/zun sheng ta), Altar Dewa Langit (帝釋天殿 / Di Shi Tian Dian), altar Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata (千手觀音殿/Qian Shou Guan Yin Dian).

Lantai kedua terdapat altar utama di dalam Bhaktisala, altar Dewa Langit(帝釋天殿/Di Shi Tian Dian) , altar Leluhur(地藏殿/Di Zang Dian) , Altar Dewa Perbintangan (太歲殿/ ai Sui Dian), altar Dewa Rezeki (財神殿/Cai Shen Dian), Altar Dewa naga dan Dewi Yao Chi (龍王及瑤池金母殿/Long Wang Ji Yao Chi Jin Mu Dian), tempat melakukan Puja bakti Homa atau Upacara Homa(護摩/Hu Mo).

Altar utama resize Sejarah Vihara

Altar Utama di dalam Bhaktisala

Lantai ketiga terdapat beberapa kamar untuk Bhikkhu dan Bhikkhuni Lhama tinggal serta jika ada tamu dari luar kota datang untuk mengikuti Upacara dapat menginap disana. Lantai keempat masih dalam kondisi renovasi.

Aktivitas vihara menjadi besar, antara lain puja bakti tetap di hari kamis, minggu, tanggal 1, 15, 18 imlek, ultah para Buddha  Bodhisattva, Bakti Sosial (Kunjungan ke Panti Jompo, Pengobatan Gratis, dan lain – lain), Upacara Akbar (Upacara Akbar pertobatan kaisar Liang (梁皇寶懺大法會/Liang Huang Bao Chan Da Fa Hui), Upacara bardo atau penyeberangan (超度法會/Chao Du Fa Hui), Upacara pemberkahan (祈福法會/Qi Fu Fa Hui), dan Upacara homa (護摩法會/Hu Mo Fa Hui). Upacara – upacara tersebut dipimpin oleh Vajra Acarya baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri).

Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya juga telah menjadi pelopor penayangan ceramah Maha Guru di stasiun Televisi Palembang yaitu PAL Tv dimana acaranya bernama “Cahaya Sinar Pelangi” yang ditayangkan pada hari Senin, Selasa, dan Rabu pukul 19.00 WIB. Dibawah ini terdapat piagam penghargaan yang diberikan oleh Stasiun Pal Tv untuk Maha Guru karena acara “Cahaya Sinar Pelangi” menjadi salah satu acara favorit di stasiun tersebut. Selain di PAL Tv, Ceramah Maha Guru juga disiarkan lewat salah satu Radio Palembang yaitu Radio El-John, dimana acaranya bernama “Golden Word” yang disiarkan pada hari Senin dan Rabu pukul 18.30 WIB.Vihara juga menerbitkan sebuah majalah Free Distribution yang berisi ceramah Maha Guru yang terbaru. Majalah ini telah mendapat restu dari Maha Guru dan di beri nama “法音集 / Dharma Talk“.

Semua penayangan ceramah Maha Guru baik di stasiun televisi, Radio maupun lewat majalah bertujuan untuk memperkenalkan ajaran Tantrayana Satya Buddha (真佛宗/Zhen Fo Zong) kepada masyarakat luas yang berada di Palembang maupun di luar Palembang.

Piagam Penghargaan yang diberika Stasiun Pal Tv untuk Maha Guru :

Lihat Lokasi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya di Peta Google