Pelepasan Satwa

Download: formulir pelepasan satwa

Pelepasan satwa dalam agama Buddha sangat terkenal, biasa dikenal dengan kata satwamocana. Berikut kutipan dari ceramah yang disampaikan oleh Mahaguru seputar Satwamocana :

“..Seperti yang kita ketahui bahwa di dunia ini perbuatan yang karmanya paling berat seharusnya adalah membunuh, terutama membunuh orang. Sebaliknya, perbuatan kebajikan yang paling baik adalah melakukan pelepasan satwa (Satwamocana) karena di dalam Buddhadharma, pelepasan satwa adalah cara yang paling baik untuk memutuskan jodoh jelek / hutang karma. Sehingga kita harus sering melakukan pelepasan satwa..”

“…Sang Buddha pernah bersabda: sebagai seorang murid Buddha, yang paling penting adalah tidak membunuh, makanan yang dimakan juga jangan kita sendiri yang membunuh, dan tidak melihat proses pembunuhan, serta tidak mendengar proses unuhan…”

“…Pancasila Buddhis berisi Jangan membunuh, jangan mencuri, jangan berzinah, jangan berdusta, jangan minum minuman keras. Maksud sila jangan membunuh berada di urutan pertama, bukan saja tidak diperbolehkan untuk membunuh makhluk hidup, malah dianjurkan untuk melakukan pelepasan satwa(Satwamocana) dan menyelamatkan makhluk hidup…”

Formulir ini untuk mendaftarkan diri sendiri, keluarga, sanak famili, atau teman-teman anda yang masih hidup untuk berpartisipasi dalam Pelepasan Satwa walaupun mereka tidak dapat hadir secara langsung dalam upacara Pelepasan satwa tersebut.

Cara Pengisiannya :
1. Download formulir tersebut
2. Formulir yang telah diisi, diKirimkan kembali ke vihara melalui :
fax : 62711 320124, email : contactus@shenlun.org atau post ke alamat vihara.

Konfirmasi lebih lanjut mengenai pengisian formulir pendaftaran ini dapat menghubungi vihara melalui telp, fax, email atau kotak saran online di website ini.

Terima Kasih