Klik sini jika newsletter ini tidak tertampil dengan baik

VVBS eNewsletter

Issue: 11/2011

 Daftar Isi

# Informasi Terbaru

# Penyalinan Sutra

# Majalah Dharma Talk

# Sekilas Liputan

# Jadwal kegiatan 1 bulan mendatang

# Acara Cahaya Pelangi (虹光大成就)

# Hubungi Vihara

# Quick Links

 Informasi terbaru dari situs dan blog vihara                                                     

Top

 Penyalinan Sutra

 

Di dunia ini terdapat berbagai jenis sutra yang berisi sabda dari Sang Buddha. Salah satu contoh sutra yang paling banyak di kenal umat budha umumnya yaitu sutra Amitabha yang di mana tertulis mengenai Tanah Suci dari Amitabha Buddha, sehingga apabila ada arwah yang mendengar pelafalan sutra ini dapat terbangkitkan niatnya untuk menuju ke sana. Selain sutra Amitabha Buddha, masih banyak lagi sutra - sutra Sabda Sang Buddha yang bermanfaat.

 

Melafalkan dan mendengarkan sutra dalam agama Buddha juga sangat bermanfaat, misalnya kita membaca sutra Amitabha Buddha kepada leluhur kita dengan tujuan dari pembacaan sutra ini adalah agar pahala dari pembacaan sutra ini kita limpahkan kepada leluhur, sehingga rintangan karma buruknya dapat terkikis dan terlahir lagi di alam yg lebih baik. Di dalam sutra Amitabha ini juga selain menjelaskan tentang kekuatan dan pahala pelafalan atau pembacaan sutra, menyalin sutra juga sangat bermanfaat sekali. Selangkapnya mengenai manfaat dan kekuatan menyalin sutra yang di kutib dari berbagai sutra dapat dibaca selengkapnyanya di blog vihara. Situs vihara vajra bhumi sriwijaya menyediakan template Bagi temen - temen yang ingin mendapatkan template dokument sutra yang dapat di salin,  kunjungi situs vihara.

 

Top

 Majalah Dharma Talk

 

Majalah Dharma Talk edisi Agustus 2011 telah terbit. Edisi ini dapat di baca dan di download online di sini.

 

Di dalam edisi ini terdapat Mahaguru menjelaskan tentang Alam Surga. Penjelasan mengenai Makna dari Upacara Ritual Penyelamatan Arwah (Leluhur) yaitu siapa saja yang perlu diselamatkan, pahala bagi pemohon upacara penyelamatan arwah, dll. Mahaguru juga menjelaskan Menjalankan Sadparamita Melalui Sadhana Persembahan Adalah Mahasadhana Tantra. Dan masih banyak lagi berbagai artikel menarik yang bisa di baca di Majalah ini. 

 

Untuk lebih jelasnya silahkan baca majalah Dharma Talk Edisi Agustus 2011

 

Semua Majalah Dharma Talk dari edisi pertama sampai edisi terbaru juga dapat dibaca dan di download selengkapnya di sini. Majalah Dharma Talk di bagi-bagi secara gratis ke temen temen yang telah mendaftar untuk berlangganan.

 

Bagi temen temen yang ingin berlangganan Majalah Dharma Talk dapat mengisi formulir ini lalu di email/ fax kembali ke vihara. Temen temen yang ingin berpartisipasi sebagai donatur dapat mengisi formulir ini lalu di email/fax/post kembali ke vihara.

 

Majalah dharma talk juga menerima dengan pemasangan kolom sutra/mantra. Bagi temen temen yang beminat dapat membaca informasi lengkap di sini

 

Temui juga Dharma Talk di Facebook

Top

 Sekilas Liputan....

Liputan dan Dokumentasi Upacara Dalam Rangka Hari Bhaisajyaguru Buddha 26 - 27 Oktober 2011 di VVBS Palembang

Tanggal 26 – 27 Oktober 2011, pukul 19.00WIB dalam rangka hari suci Bhaisajyaguru Buddha, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di damping oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya.

 

Dalam kitab pertobatan Bhaisajyaguru Buddha terdapat 3 Bab. Upacara pertobatan berjalan dengan sempurna sesuai dengan tata ritual pertobatan. Selesai Upacara, V.A Lian Yuan menyampaikan ceramah Dharma. Inti dari ceramah Beliau selama 2 hari sebagai berikut:


Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha ini, jika kita melakukannya banyak sekali manfaatnya.  Antara lain, bisa membuang hal yang tidak baik dan menghasilkan yang baik atau rezeki bisa datang, terhindar dari orang yang berniat tidak baik, terhindar dari ular berbisa, terhindar dari penyakit orang tua, bisa menghilangkan pikiran yang tidak baik, bisa menambah umur panjang, menjauhkan dari karma buruk, dan masih banyak lagi.

 

Di dalam sutra Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha tertulis bahwa melakukan pertobatan ini sebaiknya jangan memohon dengan tangan kosong, sebaiknya memberikan persembahan. Persembahan tersebut bisa berupa 5 persembahan (dupa, bunga, lilin, teh, buah), atau yang lainnya............(Baca Selengkapnya...)

 

Liputan dan Dokumentasi Upacara Dalam Rangka Hari Suci Avalokitesvara 15 - 16 Oktober 2011 di VVBS Palembang

Dalam rangka Hari Suci Avalokitesvara (9月19日) , Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan dua buah Upacara yaitu Upacara Pertobatan Avalokitesvara (大悲寶懺) dan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sahasrabhuja netra Avalokitesvara Bodhisattva.

 

Sabtu, 15 Oktober 2011, diselenggarakan Upacara Pertobatan Avalokitesvara (大悲寶懺). Upacara dimulai pukul 19.30 WIB. Ratusan umat memenuhi Vihara dengan membawa persembahan untuk dipersembahkan kepada Avalokitesvara Bodhisattva. Tidak ada umat Buddha yang tidak mengenal Avalokitesvara. Beliau dikenal Bodhisattva yang Maha pengasih dan Maha Penyayang (大慈大悲觀世音菩薩). Upacara pertobatan Avalokitesvara berjalan sesuai dengan liturgi pertobatan. Selesai upacara, V.A Lian Yuan menjelaskan secara singkat mengenai isi dari kitab Pertobatan Avalokitesvara. Kitab pertobatan Avalokitesvara merupakan intisari dari segala pertobatan . Di dalam kitab ini dijelaskan penjelasan secara global. Di dalam kitab ini tertulis bahwa penyesalan terhadap kita yang tidak mengenal sebab akibat, kita yang tidak mengenal Buddha Dharma, kita yang tidak mengetahui perbuatan mana yang bisa mengakibatkan demikian sehingga menimbulkan masalah berturut – turut.

 

Di dalam kitab ini juga terdapat bahwa kita mewakili para makhluk yang berada di enam alam gati. Disini mewakili para dewa dewi (dewa naga, dewa pohon, dewa yang menjaga pagoda, dewa rumput, dll), garuda, hantu – hantu, setan kelaparan, dan lainnya. Jadi kita mewakili mereka semua termasuk kita untuk menyatakan..................(Baca Selengkapnya...)

Top

 Jadwal Kegiatan November 2011

Kamis, 3 November 2011

19.00 WIB

Puja bakti hari kamis

Minggu, 6 November 2011

10.00 WIB

Sekolah Minggu (anak - anak) dan Puja Bakti Muda Mudi

16.00 WIB

Puja bakti Sadhana 8 Yidam

Kamis, 10 November  2011

11.00 WIB

Fo Qian Da Gong Bulan 10 tanggal 15 Imlek

19.00 WIB

Puja bakti bulan 10 tanggal 15 imlek

Minggu, 13 November 2011

10.00 WIB

Sekolah Minggu (anak - anak) dan Puja Bakti Muda Mudi

19.00 WIB

Upacara Pertobatan Satya Buddha

Kamis, 17 November 2011

19.00 WIB

Puja bakti hari kamis

Minggu, 20 November  2011

10.00 WIB

Sekolah Minggu (anak - anak) dan Puja Bakti Muda Mudi

16.00 WIB

Puja bakti Sadhana 8 Yidam

Kamis, 23 November 2011 19.00 WIB Puja bakti hari kamis

Jumat, 25 November 2011

11.00 WIB

Fo Qian Da Gong Bulan 11 tanggal 1 Imlek

19.00 WIB

Puja bakti bulan 11 tanggal 1 imlek

Minggu, 27 November  2011

10.00 WIB

Sekolah Minggu (anak - anak) dan Puja Bakti Muda Mudi

16.00 WIB

Puja bakti Sadhana 8 Yidam

Top

 Acara Cahaya pelangi

Cahaya Pelangi (虹光大成就) yang di babarkan langsung oleh Maha Mula Acarya Lian Sheng telah hadir dan dapat di simak khususnya temen temen di wilayah Palembang dan sekitarnya melalui:

  • Radio El JOHN 95.9FM (tiap hari Senin dan Rabu Pukul 18.30WIB)

  • Stasiun PAL TV (dari hari Senin sampai Rabu pukul 19.00 WIB).

Dalam acara ini Maha Mula Acarya Lian Sheng menjelaskan apakah  pencerahan cahaya pelangi (虹光大成就).

 

Beliau juga mengulas lebih dalam bagaiamana satu langkah demi langkah untuk mencapai pencerahan cahaya pelangi. Jangan di lewatkan tayangan khusus yang di persembahkan oleh Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya untuk temen temen yang berada di Palembang dan sekitarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Top

 Hubungi Vihara

Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang Sumatera Selatan, Indonesia
Telp. (0711) 350 798  Fax. (0711) 320 124

Email: [email protected] Website: http://www.shenlun.org/ Blog: http://blog.shenlun.org

Top

Quick Links

Top

Copyright 2010-2011 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. All Rights Reserved.