Klik sini jika newsletter ini tidak tertampil dengan baik

VVBS eNewsletter

Issue: 09/2011

 Daftar Isi

# Informasi Terbaru

# Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning

# Majalah Dharma Talk

# Sekilas Liputan

# Jadwal kegiatan 1 bulan mendatang

# Acara Cahaya Pelangi (虹光大成就)

# Hubungi Vihara

# Quick Links

 Informasi terbaru dari situs dan blog vihara                                                     

Top

 Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning

Atas Adhistana Pemberkahan dari Maha Mula Acarya Lian Sheng, dalam rangka hari suci Jambala Kuning, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning (南摩黃財神菩薩息災祈福增益護摩火供大法會) yang akan diselenggarakan pada hari minggu, tanggal 4 September 2011 pukul 16.00 WIB. Upacara ini dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan.

 

Dalam kesempatan ini Vihara mengundang teman - teman sedharma baik di dalam kota maupun di luar kota Palembang untuk dapat berpartisipasi dalam upacara ini.

 

Untuk yang ingin berpartisipasi dalam Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning melalui Formulir pemberkahan, dan formulir homa , silahkan ikuti link dibawah ini :

Formulir yang telah diisi dapat di email kembali ke  [email protected] atau fax ke 0711-320124. Agar formulir pendaftaran dapat terproses tepat waktu, pendaftaran ditunggu paling lambat 6 jam sebelum upacara yang telah di jadwalkan berlangsung.

 

Semoga kita bersama sama bisa mendapatkan berkah, menambah pahala, mengikis karma buruk dan menambah prajana.

Top

 Majalah Dharma Talk

 

Majalah Dharma Talk edisi Juni 2011 telah terbit. Edisi ini dapat di baca dan di download online di sini.

 

Di dalam edisi ini terdapat Mahaguru menjelaskan tentang bahwa kita harus tahu, di dunia tidak kasat mata, di mana-mana ada makhluk halus, jangan menindas makhluk halus, jangan bentrok dengan makhluk halus, jangan menyinggung makhluk halus, sekalipun satu hal yang paling kecil pun, juga mungkin “kesambet". Mahaguru juga menjelaskan Banyak hal, perlu kita membangkitkan Bodhicitta. Ada 3 poin penting bagi umat Buddha, poin penting pertama adalah membangkitkan Bodhicitta, kedua adalah niat meninggalkan duniawi, ketiga adalah madhyamika dan pandangan benar.

Di dalam edisi ini juga terdapat mengenai apa itu sila Abhiseka, bagaimana jika Rupang yang terdapat di altar kita rusak? dan juga terdapat penjelasan mengenai Sadhana Air Amrta Ragavidyaraja.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca majalah Dharma Talk Edisi Juni 2011

 

Semua Majalah Dharma Talk dari edisi pertama sampai edisi terbaru juga dapat dibaca dan di download selengkapnya di sini. Majalah Dharma Talk di bagi-bagi secara gratis ke temen temen yang telah mendaftar untuk berlangganan.

 

Bagi temen temen yang ingin berlangganan Majalah Dharma Talk dapat mengisi formulir ini lalu di email/ fax kembali ke vihara.

Temen temen yang ingin berpartisipasi sebagai donatur dapat mengisi formulir ini lalu di email/fax/post kembali ke vihara.

 

Majalah dharma talk juga menerima dengan pemasangan kolom sutra/mantra. Bagi temen temen yang beminat dapat membaca informasi lengkap di sini

 

Temui juga Dharma Talk di Facebook

 

Top

 Sekilas Liputan....

Liputan dan Dokumentasi Upacara Petobatan Raja Liang dan Ulkamukhayoga Ksitigarbha 26 - 31 Juli 2011

Dalam rangka bulan 7 imlek (chio ko / phu tu) yang sering disebut bulan Ulambana, sangatlah baik jika kita mendaftarkan arwah penagih hutang, leluhur kita pada upacara yang ada penyeberangannya. Karena pada bulan 7 imlek ini, semua roh – roh diberi kesempatan untuk mengunjungi keluarganya yang berada di dunia. Banyak yang bilang bahwa bulan ke 7 imlek ini adalah bulan hantu, atau pada bulan ini pintu neraka dibuka sehingga para hantu berkeliaran, dll. Walaupun begitu, sungguh kesempatan ini kita tidak boleh lewatkan untuk mendaftarkan leluhur kita, karena hanya kita yang masih berada di dunia ini yang mampu membantu mereka membuat pahala atau menyeberangkan mereka. Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan dua buah upacara besar pada tanggal 26 Juli – 31 Juli 2011. Upacara tersebut adalah Upacara Pertobatan Kaisar Liang dan Ulkhamukhayoga Ksitigarbha Bodhisattva. Upacara ini dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan (釋蓮元金剛上師), di dampingi oleh Dharmacarya Lian Xing dari Taiwan, para Bhikkhu Lhama (眾法師護壇 : 釋蓮菩法師, 釋蓮霞法師, 釋蓮泰法師, 釋蓮手法師), Pandita Dharmaduta (講師) dan para Pandita Lokapalasraya (助教).

 

Para umat sangat antusias mengikuti Upacara Pertobatan Kaisar Liang dan Ulkhamukhayoga Ksitigarbha Bodhisattva terbukti dari banyaknya umat dari luar kota yang ikut hadir diantaranya umat dari Medan, Jakarta, Cilacap, Lubuk Linggau, Prabumulih serta umat Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya sendiri. Sebelum upacara dimulai, umat yang hadir menuliskan nama keluarga mereka baik yang masih ada maupun yang telah meninggal untuk di daftarkan di Upacara Pertobatan Kaisar Liang dan Ulkamukhayoga Ksitigarbha Bodhisattva. Selain itu umat dari luar kota maupun luar negeri yang tidak dapat hadir, mereka berpartisipasi melalui formulir pemberkahan dan penyeberangan secara online. Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi

 

Selasa, 26 Juli 2011 pukul 19.30 WIB Pembukaan upacara Pertobatan Kaisar Liang di awali dengan prosesi penjemputan rombongan Vajra Acarya yang di iringi dengan pelantunan Mantra Hati Padmakumara, yang dilanjutkan dengan mempersilakan Vajra Acarya untuk mempersembahkan dupa dengan diiringi lagu pendupaan. Setelah itu perkenalan Vajra Acarya dan para tamu dari luar kota, kemudian puja bakti dimulai dari mantra pembersihan hingga menjapa mantra Padmakumara putih “Om. Gu lu. Lian Sheng. Xi Di. Hum”. Setelah melafalkan mantra, mempersilahkan Vajra Acarya untuk mewakili umat mempersembahkan persembahan pertobatan. Setiap Bab dalam Upacara Pertobatan Raja Liang ini mempunyai persembahan yang berbeda - beda.........(Baca Selengkapnya...)

 

Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Dewi Yao Chi 18 Agustus 2011

Dalam rangka Hari suci Maha Dewi Yao Chi, hari Kamis tanggal 18 Agustus 2011 pukul 19.00 WIB, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Dewi Yao Chi (瑤池金母息災祈福超度護摩火供大法會). Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di dampingi oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya.

 

Sebelum upacara dimulai, beberapa umat telah hadir terlebih dahulu untuk mengisi formulir pendaftaran atau kayu homa. Waktu terus berjalan, sampai saat upacara hendak dimulai, vihara sudah dipadati oleh para umat yang ingin berpartisipasi dalam upacara ini. Upacara dimulai dengan mempersilahkan Vajra Acarya untuk mempersembahkan dupa, kemudian melakukan Namaskara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu "Lu Xiang Zan" dan "Qing Jing Zan". Setelah itu, mempersilahkan Vajra Acarya untuk menempati kursi dharma dan juga semua yang hadir dipersilahkan duduk. Bhikkhu Lhama memanjatkan Naskah doa Upacara. Setelah selesai, Vajra Acarya memberkati Naskah doa dan formulir pendaftaran serta nama - nama donatur upacara. Upacara dimulai sesuai dengan tata ritual Upacara Api Homa. Hari ini Yidam-nya adalah Maha Dewi Yaochi (瑤池金母). Masa saat memasuki tahap inti (setelah pelafalan Mantra Padmakumara), membentuk Mudra Yidam yaitu mudra Yao Chi Jin Mu,seperti gambar berikut

 

Visualisasi-nya adalah "Di atas samudera, langit cerah tanpa awan, cakra candra muncul dari permukaan laut, ditengah cakra candra terdapat bijaksara HUM berwarna putih, memancarkan cahaya putih. Bijaksara HUM berputar searah jarum jam, berubah menjadi Yaochijinmu, memakai mahkota feniks, tangan kanan membawa Vjayana, tangan kiri membawa Ruyi.........(Baca Selengkapnya...)

Top

 Jadwal Kegiatan September 2011

Kamis, 1 September 2011

11.00 WIB

Fo qian da gong Hari Suci Jambala kuning

19.00 WIB Puja bakti hari suci Jambala Kuning

Sabtu, 3 September  2011

19.00 WIB

Puja bakti muda mudi

Minggu, 4 September  2011

16.00 WIB

Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning

Kamis, 8 September  2011

19.00 WIB

Puja bakti hari kamis

Sabtu, 10 September  2011

19.00 WIB

Puja bakti muda mudi

Minggu, 11 September  2011

16.00 WIB

Puja bakti Sadhana 8 Yidam

Senin, 12 September 2011

11.00 WIB

Fo Qian Da Gong Bulan 8 Tanggal 15 Imlek

19.00 WIB

Puja bakti bulan 8 tanggal 15 imlek

Kamis, 15 September  2011

19.00 WIB

Pertobatan Satya Buddha

Sabtu, 17 September  2011

19.00 WIB

Puja bakti muda mudi

Minggu, 18 September  2011

16.00 WIB

Puja bakti Sadhana 8 Yidam

Kamis, 22 September  2011 19.00 WIB Puja bakti hari kamis

Sabtu, 24 September  2011

19.00 WIB

Puja bakti muda mudi

Minggu, 25 September  2011

16.00 WIB

Puja bakti Sadhana 8 Yidam

Selasa, 27 September 2011 11.00 WIB

Fo Qian Da Gong Bulan 9 Tanggal 1 Imlek

19.00 WIB Puja bakti bulan 9 tanggal 1 imlek
Kamis, 29 September  2011 19.00 WIB Puja bakti hari kamis

Top

 Acara Cahaya pelangi

Cahaya Pelangi (虹光大成就) yang di babarkan langsung oleh Maha Mula Acarya Lian Sheng telah hadir dan dapat di simak khususnya temen temen di wilayah Palembang dan sekitarnya melalui:

  • Radio El JOHN 95.9FM (tiap hari Senin dan Rabu Pukul 18.30WIB)

  • Stasiun PAL TV (dari hari Senin sampai Rabu pukul 19.00 WIB).

Dalam acara ini Maha Mula Acarya Lian Sheng menjelaskan apakah  pencerahan cahaya pelangi (虹光大成就).

 

Beliau juga mengulas lebih dalam bagaiamana satu langkah demi langkah untuk mencapai pencerahan cahaya pelangi. Jangan di lewatkan tayangan khusus yang di persembahkan oleh Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya untuk temen temen yang berada di Palembang dan sekitarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Top

 Hubungi Vihara

Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang Sumatera Selatan, Indonesia
Telp. (0711) 350 798  Fax. (0711) 320 124

Email: [email protected] Website: http://www.shenlun.org/ Blog: http://blog.shenlun.org

Top

Quick Links

Top

Copyright 2010-2011 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. All Rights Reserved.