Klik sini jika newsletter ini tidak tertampil dengan baik

VVBS eNewsletter

Issue: 05/2011

 Daftar Isi

# Informasi Terbaru

# Dalam Rangka Hari Trisuci Waisak

# Majalah Dharma Talk

# Sekilas Liputan

# Jadwal kegiatan 1 bulan mendatang

# Acara Cahaya Pelangi (虹光大成就)

# Hubungi Vihara

# Quick Links

 

 Informasi terbaru dari situs dan blog vihara
 Dalam Rangka Hari Trisuci Waisak

Hari Trisuci Waisak Merupakan hari bersejarah dalam agama Buddha yang dirayakan setiap tahun. hari Trisuci Waisak tahun  ini bertepatan pada tanggal 17 Mei 2011. Detik - deik waisaknya yaitu pukul 18.08WIB. Untuk memperingati hari Trisuci Waisak, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya dua buah kegiatan upacara yaitu :

  1. Minggu, 15 Mei 2011 pukul 16.00 WIB, diselenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Sakyamuni Buddha. Kami mengundang seluruh umat yang berada di Indonesia untuk berpartisipasi dalam upacara api homa ini. Untuk saudara - saudari sedharma yang tidak dapat hadir secara langsung, dapat berpartisipasi melalui formulir pendaftaran yang dapat dilihat dibawah ini.


  2. Selasa, 17 Mei 2011 pukul 16.00 WIB, diselenggarakan Upacara Mandi Rupang dan peringatan detik - detik waisak.

Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di dampingi oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya.

Untuk yang ingin berpartisipasi dalam Upacara Api Homa Pemberkahan Sakyamuni Buddha melalui :

  • Formulir pemberkahan (mendaftarkan keluarga yang masih hidup)dapat di lakukan dengan men-download dan mengisi formulir pemberkahan di sini.

  • Formulir Homa (kami akan menuliskan nama anda di kayu homa) dapat di lakukan dengan men-download dan mengisi formulir homa di sini.

Formulir yang telah diisi dapat di email kembali ke [email protected] atau fax ke 0711-320124. Pendaftaran ditunggu paling lambat tanggal 15 Mei 2011 pukul 12.00 WIB

 Majalah Dharma Talk

 

Majalah Dharma Talk edisi April 2011 telah terbit. Edisi ini dapat di baca dan di download online di sini.

 

Mahaguru berkata "Hari ini kita sebagai seorang manusia, tidak ada pilihan, lahir, sakit, tua, mati pasti ada, bagaimana anda memilih? Saat umur 1 tahun terlahir cantik, saat umur 10 tahun berjuang di sekolah, umur 20 tahun gejolak remaja, umur 30 tahun bergumul dalam karir, umur 40 tahun agak mekar, umur 50 tahun tua tapi bersemangat, umur 60 tahun tekanan darah meningkat, umur 70 tahun sesekali lupa, umur 80 tahun terhuyunghuyung, umur 90 tahun tersesat, umur 100 tahun digantung di dinding. Tidak ada pilihan! Semua begitu! Anda mau...." Selain itu juga terdapat lanjutan penjelasan dari Sutra Satya Buddha (Zhen Fo Jing). Untuk lebih jelas, bisa dibaca di majalah dharma talk edisi April 2011.

 

Semua Majalah Dharma Talk dari edisi pertama sampai edisi terbaru juga dapat dibaca dan di download selengkapnya di sini. Majalah Dharma Talk di bagi-bagi secara gratis ke temen temen yang telah mendaftar untuk berlangganan.

 

Bagi temen temen yang ingin berlangganan Majalah Dharma Talk dapat mengisi formulir ini lalu di email/ fax kembali ke vihara.

  • Temen temen yang ingin berpartisipasi sebagai donatur dapat mengisi formulir ini lalu di email/fax/post kembali ke vihara.

  • Majalah dharma talk juga menerima dengan pemasangan kolom sutra/mantra. Bagi temen temen yang beminat dapat membaca informasi lengkap di sini

Temui juga Dharma Talk di Facebook

 

 Sekilas Liputan....

Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitabha Buddha Dalam Rangka Hari Cheng Beng

Setiap tahun Bulan 3 tanggal 3 lunar, sering kita sebut dengan peringatan “Qing Ming / Cheng Beng” dimana keluarga pergi ke makam keluarga untuk membersihkan makamnya serta mempersembahkan makanan dan membakar kertas sembayang untuk leluhur tersebut. Untuk memperingati hari tersebut, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitabha Buddha. Upacara yang dimulai pukul 16.00 WIB ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan (釋蓮元金剛上師主壇), di dampingi oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya.

 

Sebelum upacara dimulai, umat sedharma terlihat sibuk mengisi formulir pendaftaran untuk mendaftarkan keluarga mereka, baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal. Karena perayaan qing ming ini 1 tahun hanya 1 kali. Dengan mendaftarkan keluarga kita yang masih hidup di formulir pemberkahan dan kayu homa, walaupun mereka tidak hadir mengikuti upacara tersebut, Maha Guru dan para Buddha Bodhisattva tetap memberikan pancaran cahaya pemberkahaan, sehingga mereka semua sehat selalu, dan diberikan rezeki, dll. Begitu juga kita mendaftarkan keluarga kita yang telah meninggal, agar karma buruk mereka dapat terkikis dan terlahir kembali di alam yang lebih baik selain itu juga para umat banyak yang mempersembahkan peti kertas yang berisi uang, baju, sepatu, serta teratai untuk di persembahkan ke leluhur.

 

Acara di awali dengan penjemputan V.A. Lian Yuan yang di lanjutkan dengan menyanyikan lagu “Lu xiang zan”. Kemudian puja bakti dimulai dari mantra pembersihan hingga menjapa mantra yidam yaitu Amitabha Buddha “暡。阿獮爹哇。些。” (Om. a mi die wa. xie.) Setelah pembacaan mantra yidam Amitabha Buddha kita mempersilahkan Vajra Acarya untuk menempati kursi homa, kemudian Vajra Acarya memberkati kayu homa dan persembahan, memutar japamala untuk memberi pemberkahan, melakukan simabhandana terhadap tungku homa, kemudian puja homa dimulai dengan menyalakan api, memasukkan persembahan ke dalam tungku homa satu per satu dan memperagakan mudra tolak bala dan pemberkahan.

 

Visualisasi saat homa ini adalah, kita bervisualisasi sarana Puja berubah menjadi banyak seperti gunung dan samudra tak terhingga, semuanya dipersembahkan kepada Mulacharya, Guru Silsilah, Adinata, para Buddha Bodhisattva, semua Dewa Naga, Vajra Dharmapala, semua dipersembahkan secara sempurna. Lalu Visualisasi kita menyatu dengan yidam atau Maha Guru kemudian masuk ke tungku homa, api yang berpijar membakar diri kita yang menyatu dengan yidam, kemudian semua karma buruk berupa hawa hitam, keluar melalui pori – pori, diri sendiri menjadi bersih, api, yidam dan diri sendiri menyatu hingga tiada perbedaan. Karma buruk pun terkikis. Terakhir untuk menutup semua kekurangan dan kesalahan kita dalam melakukan pertobatan kita membaca mantra Sataksara sebanyak 3 kali. Dan melafalkan Mantra Paripurna.

 

Setelah upacara selesai, Bhikkhu Lhama menyampaikan dharmadesana tentang, berapa kali kita harus melakukan penyeberangan (Ulambana)....................................................................................(Baca Selengkapnya...)

 

Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Maha Cundi Bodhisattva 17 April 2011

Minggu, 17 April 2011 pukul 16.00 WIB, dalam rangka memperingati Hari suci Maha Cundi Bodhisattva, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Maha Cundi Bodhisattva. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan (釋蓮元金剛上師主壇), di dampingi oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya.

 

Upacara dimulai dengan melantunkan lagu pendupaan di saat V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa. Tata ritual homa dilaksanakan, diawali dengan Membaca mantra persembahan hingga memohon pemberkatan silsilah dari Maha Mulacarya Lian Sheng. Memasuki tahap inti dimulai dari membentuk mudra Maha Cundi "Kedua jari kelingking dan jari manis saling mengepal di dalam. Jari tengah berdiri tegak. Kedua jari telunjuk menekan punggung jari tengah, rapatkan kedua ibu jari. (Letakkan di depan dada)." Kemudian bervisualisasi "Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara ZHUN berwarna putih, memancarkan cahaya kuning muda.Bijaksara ZHUN yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Cundi Bhagawati yang berwarna kuning muda, Beliau adalah sesosok Maha Bhagawati yang bermata tiga dan berlengan delapan belas, mengenakan mahkota ratna yang bertahtakan sesosok nirmanakaya Buddha. Lengan Bhagawati mengenakan barang berharga, jubah surgawi berwarna putih. Delapan belas lengan-Nya memegang beragam Dharmayudam, dari sebelah kanan gambar ke bawah searah jarum jam adalah RATNA-KETU, PADMA, KENDI, TALI, CAKRA, KEONG, RATNA-KUNDIKA, KOTAK PRAJNA, RATNA-MALA, MUDRA AKAR, VAJRA, KAIL, KAPAK, BUAH SURGAWI, JAPAMALA, PEDANG PRAJNA, MUDRA ABHAYA, Mudra Akar dibentuk dengan kedua tangan-Nya, jumlah keseluruhan adalah 18 tangan. Tubuh Cundi Bhagawati berwarna kuning muda, bermata 3 dan berlengan 18, mengenakan mahkota ratna yang bertahtakan nirmanakaya Buddha, muncul dan menetap dengan anggun di angkasa di hadapan sadhaka.Bervisualisasi dari mata langit Cundi Bhagawati memancarkan seberkas cahaya putih yang amat tajam mengabhiseka ubun-ubun kepala sadhaka, sehingga sekujur tubuh sadhaka menjadi putih bersih dan murni.Kembali bervisualisasi dengan berulang-ulang, bahwa dari mata ketiga Maha Cundi memancarkan seberkas cahaya yang amat tajam pada kening tepat di bagian mata ketiga sadhaka. (Bagi yang hendak memperoleh mata ketiga, visualisasilah hingga kening sampai terasa kaku)." melafalkan mantra Maha Cundi 嗡。者禮主禮。準提。梭哈。(Om. zhe li. zhu li. zhun ti suo ha (108x).

 

Puja Homa dimulai, V.A Lian Yuan memberkati kayu homa dan sarana puja serta memberikan simabhandana di tungku homa. V.A Lian Yuan menyalakan api di tungku homa, semua sarana persembahan di persembahkan dan juga V.A Lian Yuan memperagakan mudra Tolak Bala dan pemberkahan. Selesai Puja homa dan samadhi, melantunkan pujian Maha Cundi yaitu..........................................(Baca Selengkapnya...)

 

 Jadwal Kegiatan Mei 2011

Minggu, 1 Mei 2011

16.00 WIB

Puja bakti sadhana 8 Yidam

Senin, 3 Mei 2011

11.00 WIB

Fo Qian Da Gong Tanggal 1 Imlek

 

16.00 WIB

Sadhana Avalokitesvara

Kamis, 5 Mei 2011

19.00 WIB

Puja bakti hari kamis

Sabtu, 7 Mei 2011

19.00 WIB

Puja bakti muda mudi

Minggu, 8 Mei 2011

16.00 WIB

Puja bakti sadhana 8 Yidam

Kamis, 12 Mei 2011

19.00 WIB

Puja bakti hari kamis

Sabtu, 14 Mei 2011

19.00 WIB

Puja bakti muda mudi

Minggu, 15 Mei 2011

16.00 WIB

Upacara Api Homa Pemberkahan Sakyamuni

Selasa, 17 Mei 2011

11.00 WIB

Fo Qian Da Gong Tanggal 15 imlek

 

16.00 WIB

Upacara Mandi Rupang

Kamis, 19 Mei 2011

19.00 WIB

Puja bakti hari kamis

Jumat, 20 Mei 2011

19.00 WIB

Pertobatan Satya Buddha 18 Imlek

Sabtu, 21 Mei 2011

19.00 WIB

Puja bakti muda mudi

Minggu, 22 Mei 2011

16.00 WIB

Puja bakti sadhana 8 Yidam

 Acara Cahaya pelangi

Cahaya Pelangi (虹光大成就) yang di babarkan langsung oleh Maha Mula Acarya Lian Sheng telah hadir dan dapat di simak khususnya temen temen di wilayah Palembang dan sekitarnya melalui:

  • Radio El JOHN 95.9FM (tiap hari Senin dan Rabu Pukul 18.30WIB)

  • Stasiun PAL TV (dari hari Senin sampai Rabu pukul 19.00 WIB).

Dalam acara ini Maha Mula Acarya Lian Sheng menjelaskan apakah  pencerahan cahaya pelangi (虹光大成就).

 

Beliau juga mengulas lebih dalam bagaiamana satu langkah demi langkah untuk mencapai pencerahan cahaya pelangi. Jangan di lewatkan tayangan khusus yang di persembahkan oleh Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya untuk temen temen yang berada di Palembang dan sekitarnya.

 Hubungi Vihara

Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang Sumatera Selatan, Indonesia
Telp. (0711) 350 798  Fax. (0711) 320 124

Email: [email protected] Website: http://www.shenlun.org/ Blog: http://blog.shenlun.org

Quick Links

                       

Copyright 2010-2011 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. All Rights Reserved.